Bagaimana Sih Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Baik? Simak Ulasannya
Media Sosial | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Di era digital seperti saat ini, media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Kini, sebagian orang sudah menggunakan lebih dari satu akun untuk mengembangkan suatu usahanya. Bahkan, media sosial kini tidak lagi hanya digunakan sebagai tempat bersosialisasi, tetapi juga sebagai tempat jual beli, pamer kemampuan, hingga mencari pekerjaan. Ada berbagai macam jenis topik yang dibahas melalui akun media sosial ini. 

Ada yang memposting artikel tentang kesehariannya, olahraga, dan review makanan. Alhasil, berawal dari media sosial, banyak masalah yang muncul. Padahal, masalah-masalah tersebut bukan karena media sosial itu sendiri, melainkan tergantung pada diri kita yang menggunakannya. Agar Anda terhindar dari masalah media sosial, berikut ini beberapa Cara Menggunakan Media Sosial secara bijak.

Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Baik


Hindari Berbagi Informasi Pribadi


Banyak sekali masalah yang muncul akibat dari sekadar membagikan informasi pribadi di media sosial. Umumnya, informasi tersebut digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan identitas, mengintimidasi, mengganggu, bahkan meneror seseorang. Jadi, siapapun pengguna media sosial maka jangan sampai membagikan informasi pribadinya secara berlebihan. Sebaiknya Anda jangan menyebarkan data pribadi yang asli, agar suatu saat nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Jika Anda ingin membagikan foto keluarga atau alamat rumah dan sebagainya yang benar-benar bersifat pribadi, Anda dapat mengubah pengaturan atau setting akun media sosial Anda menjadi privasi dan hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja. Hal ini lebih aman daripada membagikan informasi begitu saja dan dapat dilihat oleh ribuan atau bahkan jutaan orang yang belum tentu Anda kenal.

Pilih Teman Dan Followers Anda


Memiliki banyak teman dan followers memang suatu hal yang membanggakan, tetapi Anda harus waspada. Tidak semua orang yang berada di media sosial bisa menjadi teman yang baik untuk Anda. Pastikan Anda benar-benar memilih teman dan followers Anda atau setidaknya mengubah pengaturan menjadi privasi.  

Ada beberapa orang yang memiliki akun palsu. Itulah sebabnya mengapa Anda harus berhati-hati karena akun palsu bisa membuat Anda tertipu. Bahaya lainnya jika Anda tidak memilih teman adalah informasi pribadi Anda akan tersebar luas tanpa Anda sadari dan berpotensi menimbulkan tindakan yang merugikan.

Hindari Akun Dan Postingan Negatif


Saat membuka media sosial, pasti akan menemukan beberapa akun yang gemar memposting hal-hal negatif. Misalnya, berita hoax, mengandung unsur SARA, ujaran kebencian terhadap seseorang atau pemerintah, bahkan provokatif. Tak jarang, postingan tersebut sangat meresahkan, meresahkan, dan membuat khawatir.

Jika ada postingan yang berbau negatif, maka sebaiknya jangan merespon hal tersebut. Jangan berlama-lama membacanya, padahal Anda tahu bahwa hal tersebut tidak bermanfaat. Bila perlu, laporkan akun tersebut atau blokir saja. Jangan sampai Anda berkomentar hal yang negatif agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pikirkan Dulu Sebelum Membagikan


Media sosial memang penuh dengan foto dan video yang mendukung sebuah postingan. Namun, dengan semakin banyaknya berita palsu, sebaiknya Anda pikir-pikir dulu sebelum menekan tombol bagikan. Tahukah Anda bahwa saat ini banyak hal di media sosial yang diatur oleh undang-undang. Seperti menyebarkan berita hoax atau berita palsu, membuat komentar yang menyinggung orang lain atau mencoreng nama suatu instansi dan lain sebagainya.

Pastikan dulu kebenarannya sebelum Anda membagikannya. Anda bisa membagikan hal positif kepada orang yang mengikutinya. Jika Anda tidak berpikir sebelum membagikan atau berkomentar, Anda sendirilah yang akan dirugikan karena bisa dituntut atas sesuatu yang Anda lakukan. Jadi, untuk menggunakan media sosial secara bijak, selalu saring informasi yang Anda terima dan pikirkan terlebih dahulu sebelum membagikannya.

Cantumkan Sumber Postingan


Jika ada postingan yang bermanfaat, sebaiknya sertakan sumber websitenya agar mudah dicari. Mencantumkan sumber postingan, selain sebagai bentuk penghargaan terhadap hasil karya orang lain, juga akan membebaskan Anda dari tuduhan plagiarisme atau pencurian konten berupa foto, gambar, video, atau kutipan pribadi.

Hindari Kebiasaan Mengeluh Atau Curhat


Sudah menjadi kebiasaan bagi pengguna media sosial untuk berbagi. Namun, tak jarang karena terlalu asyik berbagi, mereka tidak bisa mengontrol materi apa saja yang perlu dibagikan. Seperti berkeluh kesah atau mencurahkan masalah pribadi. Meski tujuannya adalah untuk mendapatkan simpati dari orang lain, nyatanya kebanyakan orang tidak merasakan simpati.

Tanpa disadari, berkeluh kesah atau mencurahkan isi hati, apalagi jika dibalut dengan kata-kata kasar, sama saja seperti sedang mengekspos aib diri sendiri dan menunjukkan karakter diri yang sebenarnya. Jadi, sebaiknya Anda jangan sering berkeluh kesah di akun media sosial. Masalah pribadi Anda bukanlah urusan orang lain. 

Orang lain hanya bisa membaca dan membayangkan, namun mereka tidak bisa merasakan apa yang sedang Anda rasakan. Tidak ada gunanya berkeluh kesah atau mencurahkan isi hati, akan lebih baik jika Anda membagikan postingan atau motivasi yang bermanfaat agar orang lain selalu bersemangat dan termotivasi untuk membaca postingan Anda.

Gunakan Tata Bahasa Yang Sopan


Ingat, jika Anda sedang emosional lebih baik jangan memposting sesuatu agar tidak terjadi hal yang berbahaya. Kata-kata yang ditulis saat sedang emosional selalu tidak enak dibaca orang lain. Jika anda sedang bercanda, maka sebaiknya jangan menggunakan kalimat yang kotor, kasar, atau bahkan menyinggung perasaan seseorang.

Meskipun hanya bercanda, kata-kata Anda tidak enak dibaca dan dapat menyakiti perasaan orang lain. Gunakan tata bahasa yang sopan. Kata-kata Anda menunjukkan jati diri Anda yang sebenarnya dan menentukan bagaimana Anda ingin diperlakukan oleh orang lain.

Jadikan Sebagai Tempat Untuk Mengembangkan Diri


Salah satu cara memanfaatkan media sosial secara bijak adalah dengan menjadikannya sebagai tempat untuk mengembangkan diri. Penggunaan yang bijak dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan, menambah relasi, dan informasi yang berguna bagi karier, sekolah, atau kehidupan sosial Anda.

Atau bertemu dengan teman-teman baru yang pengalaman berharganya dapat kita tiru. Dengan begitu, Anda tidak akan melakukan hal-hal yang sia-sia di media sosial, karena dapat menjadi sarana pengembangan diri.

Demikian ulasan artikel tentang Bagaimana Sih Cara Menggunakan Media Sosial Dengan Baik seperti yang dilansir situs slot, Semoga bermanfaat.