Jenis-Jenis Sparepart Mobil Yang Wajib Anda Ketahui Sekarang Juga!
Sparepart Mobil | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Sparepart Mobil tentu bukan hal yang asing bagi pemilik kendaraan roda empat. Sparepart merupakan barang yang terdiri dari sejumlah komponen dalam satu kesatuan, di mana barang tersebut memiliki fungsi tertentu. Pada dasarnya, suku cadang ini digunakan pada berbagai jenis kendaraan, sehingga dapat ditemukan dalam berbagai tipe yang berbeda.

Masing-masing suku cadang ini memiliki manfaatnya sendiri, namun ada pula suku cadang yang memiliki sistem kerja yang berkaitan dengan jenis lainnya. Meskipun tidak semuanya, idealnya pemilik kendaraan harus mengetahui berbagai suku cadang yang umum digunakan dan sering diganti secara berkala pada kendaraan.

Jenis-Jenis Spare Part Mobil


Berikut ini beberapa jenis suku cadang mobil yang wajib diketahui oleh para pemilik kendaraan roda empat seperti yang dikutip laman slot gacor.

Original


Original equipment manufacturer (OEM) merupakan istilah yang digunakan untuk berbagai produk asli (genuine). Produk-produk asli tersebut tentunya akan memiliki kualitas yang baik, sehingga selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang membutuhkannya.

Pada umumnya, produk ini diproduksi langsung oleh perusahaan asli, meskipun tidak menutup kemungkinan perusahaan asli tersebut menunjuk perusahaan manufaktur lain untuk melakukan kegiatan produksinya, tentunya sesuai dengan standar yang diberikan oleh perusahaan asli tersebut.

Penunjukan perusahaan lain seperti ini tentunya dilakukan dengan alasan-alasan tertentu, salah satunya karena pada dasarnya tidak semua suku cadang dapat diproduksi langsung oleh perusahaan asli itu sendiri. Meskipun dibuat oleh perusahaan lain, secara keseluruhan nama suku cadang mobil beserta fungsinya tetap asli, karena dibuat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan manufaktur tersebut. 

Non Pabrikan Atau Aftermarket


Ini merupakan jenis suku cadang yang dibuat oleh perusahaan suku cadang untuk memenuhi permintaan segmen tertentu, di mana suku cadang mobil yang diproduksi juga bukan merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh kendaraan normal pada umumnya. Biasanya, non-manufacturer ini merupakan perusahaan suku cadang yang memenuhi segmen tertentu, seperti kustomisasi, kebutuhan hobi, balap, dan lain-lain.

Kondisi ini memungkinkan produsen ini memiliki kemampuan untuk membuat suku cadang khusus yang benar-benar sesuai dengan pesanan. Nama suku cadang mobil dan fungsi yang diproduksi oleh produsen ini tidak akan berkaitan dengan perusahaan manufaktur mobil itu sendiri. Namun, meskipun begitu, perusahaan non-manufacturer ini umumnya memiliki lisensi untuk melakukan kegiatan produksi suku cadang.

Dalam praktiknya, suku cadang yang diproduksi oleh non-manufacturer dapat memiliki kualitas yang sama dengan yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur mobil. Atau, bahkan lebih baik dari suku cadang asli yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur mobil itu sendiri. 

KW


Onderdil dengan kualitas KW biasanya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu KW 1, 2, dan 3. Secara umum, ketiga jenis KW tersebut hanya memiliki perbedaan yang sangat minim, baik dari segi tampilan maupun bahan bakunya. Produk KW juga kerap kali dikategorikan sebagai produk palsu, karena tidak pernah diproduksi di perusahaan pembuat mobil dan tidak pernah mendapatkan lisensi dari perusahaan pembuat mobil. 

Penggunaan onderdil KW bisa membahayakan keselamatan bagi seorang pengemudi. Hal ini tentu masuk akal, mengingat produk KW tidak terjamin kualitasnya dan tidak memenuhi standar keselamatan.

Spare Part Mobil Yang Harus Diganti


Filter Oli


Menyaring semua kotoran dari oli, sehingga harus sering diganti. Setidaknya, filter ini wajib diganti setiap kali mengganti oli mesin pada kendaraan.

Filter Bahan Bakar


Membersihkan oli yang akan mengalir ke mesin, sehingga penting untuk selalu memastikannya dalam kondisi baik. Lakukan pengecekan rutin pada bagian ini. Sebaiknya Anda mengganti suku cadang ini setiap 1 tahun sekali agar kendaraan bisa bertahan lama. 

Filter Udara


Filter udara memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang masuk ke area mesin kendaraan. Biasanya filter ini dapat bertahan hingga jarak tempuh 50 ribu km dan perlu diganti setiap 3-4 tahun sekali.

Filter Udara Kabin


Menyaring udara yang akan masuk ke blower AC. Jika kotor, komponen ini dapat membuat AC mobil berisik. Untuk menjaga kebersihan kabin mobil, maka Anda harus pandai merawatnya dan menggantinya setiap 1 tahun sekali. 

Busi


Busi merupakan salah satu komponen yang penting didalam mesin kendaraan, sehingga perlu diperhatikan dengan tepat. Sparepart ini biasanya akan awet jika bahan yang digunakannya berkualitas baik. Busi yang terbuat dari baja atau aluminium biasanya harus diganti setelah beberapa tahun pemakaian.

Aki


Kinerja dan keawetan aki akan dipengaruhi oleh cara penggunaan dan perawatannya. Pemakaian aki mobil yang normal biasanya digunakan sekitar 4-5 tahun. Selain penggantian, perawatan aki secara berkala juga tak kalah pentingnya.

Ban


Keawetan ban mobil biasanya berkisar antara 5-7 tahun. Namun, hal ini tentu bergantung pada banyak hal, seperti medan yang dilalui, gaya berkendara, jenis ban, dan lain-lain. Lakukan perawatan ban dengan benar dan gantilah jika kualitasnya sudah menurun.

Wiper Kaca Depan


Suku cadang yang terbuat dari karet ini sering kali kehilangan elastisitasnya, sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. Periksa wiper secara berkala dan bersihkan. Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada wiper kaca depan ini, maka Anda harus rutin menggantinya minimal 4 tahun sekali. 

Tips Memilih Sparepart Mobil


Berikut ini beberapa tips ampuh yang bisa diterapkan saat memilih dan mengganti suku cadang mobil.

  • Anda harus bisa membedakan nomor seri setiap sparepart yang asli dan palsu. 

  • Periksa kemasan sparepart dengan saksama dan pastikan masih tersegel, karena biasanya suku cadang asli akan tersegel dalam setiap kemasannya.

  • Periksa kondisi sparepart secara keseluruhan dan periksa setiap komponen dengan baik. Pastikan semua komponen lengkap dan dapat digunakan dengan baik.

  • Pastikan sparepart yang dibeli memiliki garansi resmi dari produsen, karena suku cadang mobil asli biasanya akan dilengkapi dengan layanan garansi. 

Pemilik kendaraan roda empat juga wajib melakukan servis suku cadang secara berkala. Hal ini agar setiap suku cadang tetap dalam kondisi baik dan layak pakai. Servis rutin seperti ini juga akan menjamin keselamatan pengemudi, karena seluruh komponen mesin mobil dapat bekerja secara optimal. Selain itu, kenyamanan dalam berkendara pun pastinya bisa didapatkan.

Suku cadang mobil ini memang wajib diganti setiap tahunnya. Mengapa? Karena setiap suku cadang memiliki masa pakai tertentu, sehingga harus diganti secara berkala dan kendaraan tetap aman untuk digunakan. 

Demikian ulasan tentang Jenis-Jenis Sparepart Mobil Yang Wajib Anda Ketahui Sekarang Juga! Semoga bermanfaat.