Yuk Intip Beberapa Dampak Negatif Pemanasan Global Yang Wajib Diketahui
Pemanasan Global | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Pemanasan global ternyata dapat berdampak pada meningkatnya alergi terhadap bencana alam. Pemanasan global memang selalu menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, dampak pemanasan global akhir-akhir ini meningkat drastis dan telah memengaruhi ekosistem di bumi.

Singkatnya, pemanasan global merupakan fenomena peningkatan suhu secara menyeluruh di planet bumi. Fenomena ini salah satunya disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan. Meningkatnya penggunaan bahan bakar fosil biasanya tergantung dengan berapa banyaknya manusia yang membutuhkannya.

Jika kita tidak berusaha untuk menguranginya, pemanasan global akan terus terjadi dan berdampak buruk bagi bumi. Lantas, apa saja dampak pemanasan global bagi lingkungan dan manusia? Berikut ini beberapa dampak Pemanasan Global beserta penjelasannya.

Apa Itu Pemanasan Global?


Pemanasan global adalah pemanasan jangka panjang pada permukaan bumi yang terjadi sejak masa pra-industri (antara tahun 1850 dan 1900) akibat aktivitas manusia. Contoh aktivitas manusia yang dapat kita amati adalah pembakaran bahan bakar fosil yang mengakibatkan meningkatnya kadar gas rumah kaca yang memerangkap panas di atmosfer bumi. Yang perlu Anda ketahui yaitu ternyata efek rumah kaca sangat erat kaitannya dengan pemanasan global.

Mengapa ada istilah efek rumah kaca? Karena istilah tersebut yang sering dikenal dengan pemanasan global. Proses ini biasanya dapat membantu tanaman untuk tumbuh semakin indah. Selain itu, penggundulan hutan juga dapat menjadi penyebab terjadinya pemanasan global. Hutan merupakan penyerap karbon alami, tetapi ketika ditebang atau dibakar, karbon akan terlepas ke atmosfer dan berpotensi menyebabkan pemanasan global.

Dampak Negatif Pemanasan Global


Kepunahan Spesies Hewan


Pemanasan global bisa mengakibatkan beberapa spesies hewan menjadi punah. Cuaca ekstrem yang disebabkan oleh pemanasan global ternyata berakibat fatal bagi ekosistem dan lingkungan sekitar. Misalnya, fenomena mencairnya es di Kutub Utara menyebabkan beruang kutub kehilangan habitatnya sehingga terancam punah.

Terjadinya Kelaparan Dan Kemiskinan


Perubahan cuaca yang ekstrem dapat memicu kelaparan akibat berkurangnya sumber makanan. Lahan dan ternak dapat mengalami kekurangan produktivitas atau bahkan hancur akibat pemanasan global. Dampak tersebut bisa mempengaruhi masyarakat contohnya seperti meningkatnya data pengangguran dan menurunnya kesejahteraan.

Mencairnya Es Di Kutub


Dampak pertama dari pemanasan global adalah mencairnya es di kutub. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi. Dalam 30 tahun terakhir, jumlah es di kutub yang mencair akibat pemanasan global telah mencapai 28 triliun ton.

Meningkatnya Volume Air Laut


Dampak yang selanjutnya yaitu meningkatnya volume air laut. Hal ini sangat berbahaya karena akan menyebabkan banyak wilayah terendam banjir dan pulau-pulau kecil menghilang karena tenggelam.

Krisis Air Bersih


Pemanasan global juga dapat menyebabkan krisis air bersih. Jika Anda ingin mendapatkan air bersih maka sebaiknya menampung banyak air. 

Kebakaran Hutan


Jika perubahan suhu sekarang semakin tinggi, maka hal ini akan menyebabkan kebakaran hutan. Kebakaran besar yang melanda California, Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu juga disebutkan oleh para ilmuwan disebabkan oleh meningkatnya suhu yang disebabkan oleh pemanasan global

Kabut Asap


Asap dari kebakaran hutan ini dapat mengganggu dan membahayakan kesehatan manusia.

Wabah Penyakit


Peningkatan suhu akibat pemanasan global juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama kekebalan tubuh makhluk hidup akan menurun sehingga mudah terserang berbagai penyakit yang dikhawatirkan dapat menjadi wabah.

Kerusakan Terumbu Karang


Sebagian orang masih belum mengetahui bahwa terjadinya pemanasan global bisa mengakibatkan terumbu karang di laut menjadi rusak. 

Krisis Pangan


Dampak negatif selanjutnya yaitu mengalami krisis pangan. Rusaknya terumbu karang bisa berdampak pada krisisnya pangan. 

Meningkatnya Kasus Alergi


Penyerbukan tanaman menjadi lebih lama biasanya diakibatkan oleh pemanasan global secara berlebihan. Nah, semakin banyaknya serbuk sari di udara juga memicu peningkatan jumlah penderita alergi. Ternyata fakta yang bisa Anda pelajari yaitu serbuk sari tanaman bisa membuat manusia menjadi alergi

Kejadian Alam Ekstrem


Pemanasan global juga berdampak pada meningkatnya kejadian alam ekstrem seperti banjir, badai besar, dan tsunami. Seiring meningkatnya kejadian alam ekstrem tersebut, jumlah orang yang kehilangan tempat tinggal akibat kehilangan tempat tinggal juga semakin meningkat.

Ciri-Ciri Pemanasan Global


Ada beberapa ciri khusus yang mengindikasikan terjadinya pemanasan global. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Perubahan Iklim


Contoh perubahan iklim yang sering terjadi yaitu tekanan udara, terjadinya angin, dan udara. Namun, akibat pemanasan global, berbagai faktor tersebut terganggu hingga iklim pun ikut berubah tak menentu. Contoh bencana alam yang sering terjadi yaitu mengalami kekeringan dan badai, hal tersebut terjadi karena adanya perubahan iklim. 

Naiknya Permukaan Air Laut


Ciri selanjutnya adalah naiknya permukaan air laut. Jika hal ini terus terjadi, wilayah daratan akan semakin menyempit dan sering kali dapat terjadi banjir akibat pasang surut air laut.

Suhu Meningkat


Meningkatnya suhu pada atmosfer, laut, dan bumi biasanya akan menyebabkan pemanasan global secara terus menerus. Suhu yang sangat panas akan menyebabkan beberapa wilayah mengalami kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan.

Solusi Mencegah Pemanasan Global


Masyarakat dapat melakukan beberapa hal sebagai langkah untuk mencegah pemanasan global. Berikut ini solusi untuk mencegah pemanasan global yang dapat Anda lakukan mulai sekarang.

Gunakan Energi Alternatif


Energi terbarukan seperti angin, matahari, dan panas bumi merupakan pilihan yang lebih ramah lingkungan.

Mendaur Ulang Dan Hemat Energi


Ada beberapa cara untuk mengurangi pemanasan global yaitu dengan mengurangi sampah plastik, menggunakan kompor yang lebih efisien, dan menghemat listrik.

Demikian ulasan tentang Yuk Intip Beberapa Dampak Negatif Pemanasan Global Yang Wajib Diketahui seperti yang dilansir java303, Semoga bermanfaat.