Apa Sih Manfaat Minuman Jahe Untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya
Minuman Susu Jahe | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Minuman jahe dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan sakit flu. Tak hanya itu, minuman yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional Tiongkok ini ternyata masih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat minuman jahe untuk kesehatan didapat dari 2 senyawa alami utamanya yaitu gingerol dan shogaol. 

Tanaman yang memiliki rasa pedas ini sering diolah menjadi minuman jahe yang terbuat dari air mendidih dan jahe. Untuk mengurangi rasa pedas yang terkandung dalam jahe, maka Anda bisa menambahkan bahan lainnya pada minuman jahe. Contohnya Anda menambahkan madu atau susu ke dalam minuman jahe, maka akan memperkuat otot. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa Manfaat Minuman Jahe untuk kesehatan. 

Manfaat Minuman Jahe Untuk Kesehatan


Berikut berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi minuman jahe:

Mengatasi Rasa Mual


Kandungan gingerol pada minuman jahe dipercaya mampu mengatasi rasa mual akibat mabuk perjalanan, kehamilan, atau kemoterapi. Minuman jahe juga dipercaya dapat meredakan pusing dan mencegah muntah-muntah yang sering menyertai rasa mual. Khasiat minuman jahe benar-benar ampuh karena bisa mengatasi rasa mual yang terjadi pada ibu hamil.

Mengatasi Sakit Maag


Minuman jahe merupakan obat herbal untuk mengatasi penyakit dispepsia atau sakit maag, yaitu kondisi dimana perut terasa perih, kembung, dan banyak bersendawa setelah makan. Mengonsumsi minuman jahe dipercaya dapat mempercepat pengosongan lambung, sehingga sakit perut dan gejala dispepsia lainnya dapat teratasi.

Mengobati Flu


Dalam pengobatan tradisional, minuman jahe dikenal sebagai obat herbal untuk mengatasi flu. Manfaat tersebut diperoleh dari sifat antivirus dan antibakteri yang dimiliki minuman jahe sehingga berkhasiat dalam mengobati berbagai penyakit menular, salah satunya flu.

Mengurangi Reaksi Alergi


Sifat anti inflamasi pada minuman jahe dipercaya mampu mengurangi berbagai reaksi alergi yang terjadi akibat peradangan pada tubuh. Berbagai reaksi alergi yang dapat diredakan antara lain pembengkakan dan iritasi pada hidung, mata, dan tenggorokan.

Menurunkan Berat Badan


Manfaat minuman jahe dalam menurunkan berat badan juga didapat dari gingerol. Senyawa alami ini memiliki efek anti obesitas yang dapat mempercepat proses pencernaan makanan di usus. Gingerol juga dapat menjaga kestabilan gula darah, sehingga nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan terjadi lebih cepat.

Menjaga Berat Badan Ideal


Jika Anda sudah mencapai berat badan ideal, cobalah mengonsumsi minuman jahe sebagai upaya menjaganya. Minuman jahe terbukti mempercepat pembakaran dan pemecahan lemak, menghambat penyerapan lemak, serta mengontrol nafsu makan sehingga berat badan tetap terjaga.

Meredakan Nyeri Haid


Minuman jahe menjadi salah satu pilihan penting minuman yang dikonsumsi oleh wanita pada saat menstruasi. Hal ini dikarenakan zat alami pada minuman jahe mempunyai sifat antiradang dan pereda nyeri sehingga mampu meredakan nyeri haid dan perut kembung akibat haid.

Mengatasi Osteoartritis


Ternyata minuman jahe memiliki banyak manfaatnya, contohnya yaitu dapat meredakan nyeri sendi akibat osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Manfaat jahe dalam meredakan nyeri sendi didapat dari kandungan anti inflamasi gingerol dan shogaol pada minuman jahe.

Meredakan Nyeri Otot


Nyeri otot mungkin terjadi setelah berolahraga. Dengan mengonsumsi minuman jahe yang memiliki efek anti inflamasi, nyeri otot akan berangsur membaik.

Mencegah Penyakit Alzheimer


Sifat antioksidan senyawa alami gingerol dan shogaol pada minuman jahe diketahui mampu menjaga fungsi otak pada lansia dan mencegah penyakit terkait penurunan fungsi otak, misalnya penyakit Alzheimer.

Mencegah Kerutan


Mengonsumsi minuman jahe merupakan salah satu cara tampil awet muda. Manfaat ini didapat dari sifat antioksidan pada minuman jahe yang mampu mencegah penuaan dini, seperti kerutan dan flek hitam.

Mengontrol Kadar Gula Darah


Penderita diabetes tipe 2 disarankan mengonsumsi minuman jahe untuk mencegah kenaikan gula darah secara tiba-tiba. Pasalnya, minuman jahe terbukti efektif memaksimalkan kerja insulin dalam menyerap gula darah dan menurunkan kadar HbA1c.

Menurunkan Kolesterol


Jahe memiliki kandungan senyawa yang memiliki manfaat untuk menurunkan LDL dalam tubuh. Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan adanya penurunan kadar kolesterol pada penderita kolesterol tinggi dengan mengkonsumsi ekstrak jahe secara rutin selama 3 bulan.

Mencegah Serangan Jantung


Rutin mengonsumsi minuman jahe juga dipercaya mampu mencegah serangan jantung. Manfaat tersebut didapat dari kandungan senyawa bioaktif pada minuman jahe yang mampu menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol, dan melancarkan aliran darah.

Mencegah Kanker


Kandungan gingerol dan shogaol mampu menyembuhkan penyakit kanker. Caranya yaitu dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuhnya secara perlahan. Meski begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan dosis tepat minuman jahe dalam mencegah kanker.

Cara Membuat Minuman Jahe


Selain merebus jahe dalam air, maka ada cara lain yang bisa Anda coba dirumah. Berikut ini beberapa resep minuman jahe yang enak dan bermanfaat bagi kesehatan:

  • Minuman Jahe Dengan Madu Dan Jeruk Nipis

  • Cuci dan bersihkan jahe, lalu iris tipis

  • Rebus sekitar 4–6 irisan jahe dalam panci berisi 2 gelas air selama 10–20 menit, lalu diamkan sejenak

  • Tambahkan madu dan jeruk nipis agar memperkuat rasa nikmat pada minumannya. Lalu sajikan.

Minuman Jahe Susu


  • Cuci dan bersihkan jahe, lalu iris tipis

  • Rebus irisan jahe dalam panci berisi 1 gelas air selama 10 menit

  • Dinginkan air rebusan jahe sebentar, lalu tambahkan 2 gelas susu

  • Didihkan kembali dengan api kecil selama 5 menit. Kemudian sajikan. 

Demikian ulasan tentang Apa Sih Manfaat Minuman Jahe Untuk Kesehatan? Berikut Penjelasannya seperti yang dilansir situs slot online terpercaya. Semoga bermanfaat.