Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat
Cara Menjaga Kesehatan Jantung | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Membatasi asupan makanan berlemak buruk, berhenti merokok, dan rutin berolahraga adalah beberapa tips sehat jantung yang terdengar klise dan sering disepelekan. Padahal, dengan melakukan perubahan sederhana dalam hidup Anda, dampaknya sangat besar bagi kesehatan jantung dan organ tubuh secara keseluruhan.

Jantung merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh dan tidak pernah berhenti bekerja selama manusia hidup. Ketika jantung mengalami gangguan maka dampaknya akan sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian seketika.

Meski begitu, masih banyak di antara kita yang kurang menyadari pentingnya kehadiran jantung dalam tubuh, sehingga kita seenaknya saja tanpa memikirkan dampaknya terhadap kesehatan jantung. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Menjaga Kesehatan Jantung


Batasi Makanan Berlemak Jahat


Makanan yang mengandung banyak lemak jahat seperti fast food, gorengan, kentang goreng, kue yang banyak menggunakan margarin dan krim sebaiknya dibatasi atau bila perlu dihindari. Dampaknya bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu penyakit jantung koroner.

Perbanyak Konsumsi Lemak Baik


Tips selanjutnya yaitu Anda harus mengonsumsi lemak baik. Lemak baik yang umumnya terdapat pada lemak tak jenuh ternyata baik untuk jantung, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, menjaga ritme jantung tetap stabil, dan mengurangi risiko peradangan.

Oleh karena itu, perbanyak konsumsi makanan berlemak baik seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan ikan berlemak. Contoh ikan berlemak seperti salmon, dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. Dokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan berlemak tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu. 

Berolahraga Secara Teratur


Rutin berolahraga 2 hingga 3 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit sekaligus merupakan salah satu tips sehat jantung yang memegang peranan penting. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Aerobik, bersepeda atau bahkan sekedar jogging di pagi hari sudah cukup membantu jantung untuk selalu dalam kondisi prima.

Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayur


Buah dan sayur mengandung banyak mineral dan nutrisi yang dapat memberikan perlindungan bagi jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dan sayuran lainnya serta jangan lupa untuk menambahkan buah-buahan seperti apel atau berry dalam menu makanan sehari-hari Anda.

Batasi Asupan Gula


Gula dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Namun bila berlebihan dampaknya bisa menyebabkan diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Penting untuk membatasi asupan gula setiap hari. Sesuai anjuran dokter, asupan gula per orang per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan gula pasir.

Batasi Asupan Garam


Sama seperti gula, keberadaan garam dalam tubuh juga sangat diperlukan. Yang perlu Anda ketahui yaitu garam dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur kadar air. Jika berlebihan, bisa membuat tubuh kesulitan menyeimbangkan kelebihan natrium yang terkandung dalam garam.

Kondisi ini juga dapat meningkatkan volume darah dan membuat jantung bekerja ekstra keras untuk memompanya ke seluruh tubuh sehingga lambat laun jantung akan mengalami kerusakan. Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI, batasan asupan garam per orang per hari adalah 2000 miligram natrium atau 5 gram garam (1 sendok teh).

Berhenti Merokok


Bagi para perokok, tips menyehatkan jantung ini pasti akan sulit untuk ditinggalkan. Namun, jika Anda ingin memiliki jantung yang selalu sehat dan keluarga adalah prioritas utama, maka tidak ada pilihan lain. Berhenti merokok! Rokok mengandung ribuan bahan kimia yang hampir semuanya tergolong berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bahan kimia dalam rokok menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga mengurangi oksigen dan darah pada organ tubuh, termasuk jantung. Asap rokok tidak kalah buruknya dengan rokok itu sendiri.

Untuk itu jauhi kebiasaan merokok sejak dini, sayangi diri sendiri, keluarga dan orang sekitar. Tidak ada manfaat yang bisa didapat dari kebiasaan buruk merokok, selain menimbulkan penyakit dan berbagai dampak negatif lainnya.

Perhatikan Angka Indikator Kesehatan Jantung


Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai kesehatan jantung yaitu tekanan darah, kadar kolesterol, dan gula darah. Jika Anda mengalami gejala tersebut maka segera pergi ke dokter untuk periksa dan berobat agar tidak terlalu parah. Anda harus merubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar tidak mudah sakit. 

Kelola Stres Dengan Baik


Dalam kehidupan, masalah akan selalu ada dimanapun, kapanpun, besar atau kecil. Hadapi saja segala sesuatunya dengan hati yang besar, jangan biarkan diri terpuruk dengan terus berkubang dalam kepenatan hidup dan stres.

Terlalu sering mengalami stres, apalagi tidak bisa mengendalikannya dengan baik atau mengalihkannya dengan cara yang salah, seperti minum alkohol, merokok, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, dapat meningkatkan tekanan darah dan mempersempit dinding pembuluh darah. 

Oleh karena itu, kelola stres dengan baik dengan cara yang sehat dan menyenangkan. Misalnya dengan berjalan-jalan ke suatu tempat menarik, berolahraga, melakukan yoga atau meditasi dan hal menarik lainnya. Jika stres sudah menjadi masalah yang luar biasa, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan terapis atau konselor untuk mendapatkan bantuan yang mencerahkan. 

Pelajari Riwayat Keluarga


Apakah salah satu orang tua Anda mempunyai riwayat penyakit jantung? Jika jawabannya iya, maka segera lakukan perubahan pada gaya hidup Anda. Mulailah dengan rutin berolahraga, memperhatikan berbagai makanan yang ingin dikonsumsi, serta menjauhi rokok dan alkohol. 

Perubahan ini penting untuk dilakukan, karena gaya hidup berkaitan dengan kesehatan jantung. Perubahan tersebut harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan jantung tetap terjaga. 

Perhatikan Penyakit Yang Diderita


Penyakit lainnya yaitu diabetes, tekanan darah tinggi,dan kolesterol. Jika Anda merasa menderita beberapa gangguan kesehatan tersebut, maka perhatikan baik-baik hal-hal apa saja yang dapat meringankan atau memperparah kondisi tersebut. Selain itu, lakukan pemeriksaan rutin ke dokter dan konsumsi obat sesuai anjuran.

Demikian ulasan tentang Wah, Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat seperti yang dilansir indobetslot88, Semoga bermanfaat.