Inilah Penyebab Layar Hp Bergaris Beserta Beberapa Efeknya
Hp Layar Bergaris | Foto : Berbagai Sumber 

Ruqyah Cirebon - HP merupakan suatu benda penting bagi kehidupan sehari-hari. Di era digital saat ini, ternyata penggunaan HP sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi semua orang. Namun jika HP digunakan secara terus menerus, maka akan membawa permasalahan bagi kesehatan HP. 

Contohnya muncul garis pada layar. Cara mengatasi layar HP bergaris ini bisa membuat Anda merasa kesal dan kebingungan. Layar HP yang disebabkan masalah garis horizontal maupun vertikal tentu sangat mengganggu penglihatan. Cara mengatasi layar HP bergaris horizontal ini tidak jauh berbeda dengan cara memperbaiki vertikal. 

Selain itu, ada juga cara mengatasi layar HP yang bergaris putih. Ada beberapa faktor yang disebabkan oleh layar HP bergaris. Ada faktor dari hardware HP dan ada juga masalah yang datang dari software. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Penyebab Layar Hp Bergaris. 

Penyebab Layar HP Bergaris


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa munculnya garis pada layar HP bisa disebabkan oleh dua hal utama yaitu software dan hardware. Anda perlu mengetahui secara pasti apa saja penyebab garis pada hp anda agar bisa menentukan cara yang paling tepat untuk mengatasi layar hp yang bergaris. Untuk informasi lebih lanjut mengenai beberapa penyebab layar HP bergaris yaitu sebagai berikut:

HP Terjatuh


Apabila HP Anda sering terjatuh dari gedung yang tinggi maka hal tersebut bisa menyebabkan layar HP akan bergaris. Garis yang muncul pada layar HP biasanya bisa membuat rusak hardware dan software HP Anda. Jika rusak pada bagian hardware maka bisa menyebabkan layar LCD hp Anda rusak total. Ibarat LCD yang retak dari dalam atau pecah.

Selain itu, jika Anda menduga terjadi kerusakan pada software HP karena crash, maka untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada software tersebut Anda bisa menggunakan trik screenshot. Anda dapat mengambil screenshot tampilan apa pun di layar ponsel Anda.

Kemudian kirim hasil tangkapan layar tersebut ke teman Anda agar bisa dilihat. Jika hasil screenshot tidak terdapat garis apapun saat diterima di hp teman anda, maka bisa dipastikan software anda aman dan kerusakan ada pada hardwarenya.

HP Terendam Air


Penyebab layar hp belang selanjutnya adalah karena hp tersiram air atau terendam genangan air. Beberapa merk handphone yang tidak memiliki ketahanan yang baik akan mudah rusak jika terkena air. Sebagai barang elektronik tentunya kontak langsung dengan air harus dihindari untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya reaksi listrik yang tidak diinginkan.

Kontak langsung dengan air tidak hanya dapat menimbulkan garis-garis pada layar ponsel saja, namun juga dapat menyebabkan layar ponsel bergetar. Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus dan benar terkait cara mengatasi layar ponsel bergaris dan goyang. Jika mencoba salah satu cara ini masih belum berhasil, maka anda bisa mencoba cara lain. 

Ada Kesalahan Sistem


Ada penyebab lain yang bisa membuat layar HP Anda bergaris, salah satu penyebabnya yaitu terjadi kesalahan sistem. Kesalahan sistem ini bisa memberikan reaksi muncul garis-garis halus dan ada juga yang layarnya berkedip. Kesalahan sistem ini biasanya terjadi pada HP yang sebelumnya sudah pernah mengalami eror. Sebenarnya ada berbagai cara untuk mengatasi layar HP bergaris akibat kesalahan sistem.  

Layar Tertindih Benda Berat


Jika HP Anda tidak sengaja tertimpa benda yang berat, maka garis berwarna putih pada layar HP Anda akan muncul. Setelah itu, layar HP Anda akan berkedip dan bergetar dengan sendirinya. Hal ini terjadi biasanya karna Anda meletakkan hpnya di sembarangan tempat. 

Soket Layar Rusak


Penyebab selanjutnya yang juga sering terjadi adalah adanya kerusakan pada soket layar hp. Kerusakan pada soket layar dapat memicu munculnya garis horizontal, garis vertikal, garis putih atau garis ganda pada ponsel anda. Soket layar hp rusak ini umumnya terjadi karena adanya cacat pada saat produksi.

Hal ini juga bisa terjadi jika ponsel Anda baru saja diservis. Namun servis yang dilakukan pada ponsel Anda kurang tepat dan tepat sehingga menyebabkan masalah pada soket layar. Soket layar merupakan salah satu komponen HP yang memerlukan keahlian khusus apabila layar pada HP Anda mengalami masalah.

Efek Layar HP Bergaris


Penting untuk segera memperbaiki layar HP yang belang, karena jika tidak, layar HP yang belang akan memberikan dampak negatif yang cukup besar bagi penggunanya. Beberapa efek layar hp bergaris adalah sebagai berikut :

Mengganggu Kenyamanan Saat Menonton Video


Layar HP yang bergaris akan mengganggu kenyamanan Anda saat menonton video. Garis-garis pada layar akan menjadi gangguan yang mengganggu penglihatan saat menonton video. Apalagi jika video yang Anda tonton merupakan video tutorial yang memerlukan ketelitian dalam memperhatikannya.

Performa Layar Sentuh Menjadi Kurang Sensitif


Selain itu, garis-garis pada layar ponsel juga akan menurunkan kinerja ponsel itu sendiri. Untuk ponsel layar sentuh, layar akan menjadi kurang sensitif ketika muncul garis-garis di layar ponsel.

Harga HP Turun Saat Dijual


Harga ponsel juga akan turun drastis jika ingin dijual. Sebab HP yang layarnya bergaris akan dianggap cacat. Kalaupun berhasil menjualnya, Anda akan mendapatkan harga jual yang rendah.

Cara mengatasi layar hp bergaris bisa anda coba ketika anda mulai merasa tidak nyaman dengan kondisi hp anda. Pastikan Anda melakukan langkah demi langkah tersebut dengan benar agar layar hp yang belang bisa teratasi. Untuk memberikan perlindungan lebih pada ponsel Anda, Anda bisa membeli asuransi ponsel yang kini sudah banyak tersedia.

Demikian ulasan tentang inilah Penyebab Layar Hp Bergaris Beserta Beberapa Efeknya seperti yang dilansir sam parker senate. Semoga bermanfaat.