Apakah Casing HP Anda Menguning? Berikut Cara Mudah Membersihkannya
Casing Hp | Foto : Ruqyah Cirebon 

Ruqyah Cirebon - Punya masalah dengan casing hp anda yang berwarna putih pudar, kotor dan berdebu? Jangan pernah menganggap remeh. Jika casing Anda tidak pernah dirawat maka casing hpmu akan berubah warna menjadi kuning. Bahkan casing yang kotor akibat debu dan cipratan air pun dapat menyebabkan kerusakan serius pada perangkat Anda.

Faktor lain yang bisa menyebabkan menguning adalah usia tua. Selain itu, meletakkan ponsel di tempat yang kotor juga dapat membuat bahannya mudah kotor. Jika soft case Anda terbuat dari bahan silikon, maka HP Anda akan mudah berganti warna menjadi kuning. 

Agar pengalaman tidak menggunakannya ini bisa dicegah, mulailah rutin membersihkan setiap Casing HP Anda setelah bepergian atau setelah melakukan aktivitas. Dibawah ini adalah cara membersihkan casing hp dengan baik dan benar.

Cara Membersihkan Casing HP Yang Menguning


Pasta Gigi


Cara membersihkan casing hp dengan pasta gigi merupakan salah satu trik yang bisa Anda coba. Terasa aneh dan unik, nyatanya cara ini sangat ampuh untuk membersihkan casing yang mulai menguning. Anda bisa menggunakan pasta gigi jenis apa pun karena hampir semua pasta gigi memiliki manfaat yang sama.

Perlu diketahui, banyak orang yang mengatakan cara ini cukup ampuh untuk membersihkan noda kuning membandel di area casing ponsel. Warnanya bisa kembali bersih seperti semula. Langkah pertama yaitu oleskan pasta gigi pada area case yang menguning. Setelah itu, sikat case yang menguning secara perlahan. 

Setelah dibersihkan, langkah selanjutnya adalah mencuci case dengan air mengalir dan mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan. Apabila Anda menggunakan casing dengan bahan silikon atau hardcase, maka cara ini bisa dicoba untuk membersihkannya.

Minyak Kayu Putih


Selain pasta gigi, minyak kayu putih juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan casing ponsel agar bersih dan berkilau kembali. Selama ini kita mengetahui bahwa minyak kayu putih bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, mengobati keseleo, dan masuk angin. Minyak kayu putih digunakan untuk membersihkan casing HP yang kotor.

Cara membersihkan casing hp dengan minyak kayu putih dinilai lebih sederhana dan mudah. Sebab, minyak kayu putih bisa didapatkan dengan mudah dimana saja dan tidak merusak casing ponsel. Faktanya, minyak kayu putih tidak bisa membersihkan warna casenya seperti semula. Tidak ada salahnya mencoba, nih.

Sabun Cuci


Jika penggunaan minyak kayu putih dan pasta gigi dirasa kurang efektif, maka Anda bisa menggunakan sabun cuci untuk membersihkan casing ponsel yang menguning. Sabun cuci cukup umum digunakan untuk membersihkan berbagai benda rumah tangga seperti piring, baju, sepatu dan lain sebagainya. Sabun cuci yang digunakan bermacam-macam. 

Setelah memilih sabun cuci yang ingin digunakan, langkah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah teknik pembersihannya. Cara membersihkan casing hp menggunakan sabun cuci sangatlah mudah. Caranya cukup dengan mencuci softcase menggunakan sedikit sabun lalu bilas dengan air mengalir. Lap dengan hati-hati dan keringkan sebelum casing dapat digunakan kembali.

Baking Soda


Faktanya, baking soda mampu untuk membersihkan casing HP yang mulai menguning. Baking soda mengandung bahan kimia, sehingga bisa digunakan untuk membersihkan softcase HP. Cara membersihkan casing hp karet bening yang menguning menggunakan baking soda sangatlah mudah.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan air dengan baking soda secukupnya dalam sebuah wadah. Gosok softcase secara perlahan agar debunya hilang. Langkah selanjutnya yaitu bilas casing menggunakan air bersih, kemudian keringkan selama beberapa menit.

Alkohol


Langkah selanjutnya yang bisa Anda gunakan yaitu menggunakan alkohol. Mengandung senyawa kimia yang hampir sama dengan baking soda, hanya saja baking soda aman digunakan dalam pembuatan adonan roti. Sedangkan alkohol kurang aman dikonsumsi tubuh karena sifatnya yang keras. Berbicara mengenai fungsi alkohol dalam membersihkan casing hp yang menguning ternyata sangat efektif. 

Penasaran bagaimana cara membersihkan casing hp yang menguning menggunakan alkohol? Langkah-langkahnya sangat mudah. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu menuangkan alkohol pada kapas bersih yang sudah disiapkan. Gosok alkohol pada case yang berwarna kuning agar warnanya kembali seperti semula. 

Hand Sanitizer


Mungkin banyak orang yang menganggap hand sanitizer bermanfaat untuk membersihkan tangan dari kotoran dan virus. Apalagi saat ini banyak virus yang menyebar melalui tangan dan dapat menyebabkan penyakit serius seperti batuk, pilek, dan COVID-19 yang sedang mewabah. Sebenarnya keberadaan item ini sangat penting untuk case hp anda.

Hand sanitizer dipercaya bisa digunakan untuk membersihkan soft case HP yang mulai menguning. Pasalnya, barang ini dibuat dengan campuran bahan kimia yang cukup efektif menghilangkan noda membandel. Anda cukup mengoleskan cairan ini pada permukaan tisu atau kain bersih yang sudah disiapkan.

Jika sudah dituangkan pada area tisu dan kain, selanjutnya Anda tinggal membersihkan bagian softcase HP yang menguning tersebut. Cobalah melakukannya secara perlahan dan hati-hati untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Manfaat yang didapat pun beragam. Cara sederhana ini bisa diterapkan dimana saja, bahkan di rumah sekalipun.

Pemutih


Jika ingin softcase hp terlihat putih dan mengkilat, kamu juga bisa menggunakan pemutih pakaian. Benda ini dikenal sangat ampuh menghilangkan noda membandel seperti noda kuning, pucat, dan bekas tinta pulpen. Ingat, pemutih pakaian sebaiknya hanya digunakan pada permukaan bening casing ponsel saja. 

Karena jika digunakan pada casing hp yang berwarna takutnya warna dan motif pada casing tersebut akan pudar dan pudar. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan sedikit pemutih pada wadah lalu dicampur dengan air hangat. Keringkan casing HP yang sudah dicelupkan pada pemutih. 

Ada hal yang perlu kamu ingat saat menggunakan pemutih pakaian untuk membersihkan noda membandel di casing hp kamu. Sebab pemutih pakaian merupakan cairan yang berbahaya. Jadi jangan lupa untuk memakai sarung tangan, celemek, bahkan masker agar pemutih tidak menyentuh kulit sensitif Anda.

Demikian ulasan tentang Apakah Casing HP Anda Menguning? Berikut Cara Mudah Membersihkannya seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.